Jumat, 15 Oktober 2010

Plant for The Future

Plant for The Future
Media Indonesia 14 Oktober 2010
Sawit Tanaman Energi Paling Sustainable



ANTARA/Saiful Bahri

WAGENINGEN University di Belanda menerbitkan penelitian yang menunjukkan bahwa kelapa sawit merupakan jenis tanaman energi yang paling efisien.

Penelitian mengenai Biomassa dan Bioenergi itu menemukan bahwa minyak kelapa sawit dari Indonesia dan Malaysia, tebu dari Brasil dan sorghum dari China menjadi tanaman energi yang paling sustainable.

Kesimpulan ini didapat setelah para peneliti melakukan uji coba terhadap sembilan tanaman biofuel dengan beberapa kriteria sustainability termasuk erosi tanah, penggunaan air untuk tiap unit energi yang diproduksi, dan penggunaan nitrogen.

Hasilnya, minyak sawit keluar sebagai juara tanaman biofuel yang paling efisien jika dibandingkan dengan biofuel jagung dari Amerika Serikat dan gandum dari Eropa yang berada di posisi bawah.

Laporan ini juga menemukan bahwa kelapa sawit, tebu dan sorghum menghasilkan gas rumah kaca yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan bahan bakar fosil.

Peneliti Sander de Vries menyimpulkan, tebu dan kelapa sawit sebagai tanaman yang paling efisien dalam menghasilkan energi. Kedua tanaman ini hanya sedikit menimbulkan kerusakan lingkungan karena tidak membutuhkan banyak lahan.

De Vries juga menyoroti keunggulan utama dari tanaman kelapa sawit. Tidak seperti tanaman energi lain yang menghasilkan residu untuk proses ekstraksi minyak. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar